Karena kalian adalah masa depan!

Setengah jam yang lalu saya baru mengeluarkan 2 mahasiswa yang kedapatan menyontek saat tes. Manfaatin HP untuk foto jawaban dan kirimkan ke teman. Anak TI banget :/ Saya minta kertas tes-nya ditinggal di meja dan saya minta keduanya keluar dari kelas. Saya robek kertas tes mereka di depan kelas. Ini keterlaluan! Memuakan! 😡

Jujur saya benci jaga tes. Ditinggalkan sebentar dianggap sebagai “kesempatan”. Mahasiswa tidak pernah lagi fokus untuk mengerjakan tes. Mereka fokuskan perhatian mereka hanya untuk mengelabui dosen yang menjaga tes.

Hari ini dan (mungkin) ke depan kita berhadapan dengan para koruptor dengan sederet gelar akademik di depan ataupun di belakang nama mereka. Duduk cantik di pemerintahan baik dari daerah maupun sampai di senayan. Gak bisa kerja! Sombong! Tinggi hati! Tapi tukang nyuri berdasi! Janc*k! 😡

Saya tidak butuh kalian pintar tapi tidak punya harga diri!

Sadarlah, nyontek itu menunjukkan kalo kalian tidak bisa menerima diri sendiri! Kalau memang tidak bisa, berusaha! Kalau sudah berusaha dan hanya sanggup aksara C? Terimalah. Nilai bukan segalanya! Proses tidak pernah menghianati hasil. Bukan dengan jalan pintas, nyontek.

Tujuh tahun yang lalu saya curhat tentang hal yang sama. Nilai atau ilmu yang penting? Dua tahun lalu saya sempat nulis tentang aksara sebagai tujuan utama dalam kuliah. Dan hari ini saya tetap curhat hal yang sama! Mau sampai kapan?

Leave a Reply

