Brewok, kumis dan aku

Brewok, bagi sebagian orang dianggap bagus, tetapi tidak sedikit juga yang menganggap buruk dan aneh. Tulisan curhat kali ini akan bahas tentang anggapan negatif terkait “nekatnya” saya melihara janggut dan kumis.

20160221_192933
Janggut panjang gak dosa😀

“Kak, kenapa jenggotnya gak dipotong?”, itu pertanyaan yang paling sering muncul. Hal ini wajar karena biasanya jenggot dan kumis saya tidak pernah panjang. Paling panjang 2cm. Dan saat ini jenggot saya panjangnya mencapai 6cm, dan kemungkinan masih akan panjang lagi soalnya belum mau dipangkas.

 20160310_090517Bergaya ala kumis orang Thailand tempo dulu😀

20160310_090757
Nyoba ngucir janggut biar aduhai😀

Ada berbagai pandangan teman-teman dan keluarga terkait memanjangnya jenggot dan kumis saya. Mulai dari teroris, jorok, bahkan tidak berpendidikan😦

  • Teroris
    Pernah saya diperiksa agak lama di bandara dikarenakan petugas ngira saya teroris. Saat ditanya petugas saya jawab pendek-pendek saja. Saya senyum-senyum aja saat diijinkan lewat walaupun agak emosi juga karena jadinya sedikit terlambat. Saya rasa hal itu wajar mengingat lagi rame-ramenya orang bahas tentang ISIS dan teroris lainnya yang identik dengan janggut panjang. Gara-gara orang-orang jahat tersebut, sekarang kalo janggut-an pasti disangka teroris. Apes saya…..
  • Tidak Terawat
    “Kak, dipotong aja tuh jenggot! Jorok!”
    Kalimat seperti itu sering banget. Hahaaa….
    Terkadang ada juga yang tanya: “Sudah mandi?” Alamak!
    Memang nasib, janggut dan kumis panjang dianggap jorok karena gak bisa rawat diri. Padahal untuk manjangin janggut dan dan kumis butuh perawatan yang baik juga loh…. Apes lagi saya….
  • Tidak Terpelajar
    “Kalo janggut panjang tuh seperti orang tidak terpelajar loh…”
    Ada juga kalimat yang seperti itu. Waduh, kok sampe kesana ya? Eiits tapi bukankah jaman dulu orang yang lebat janggut dan kumis dianggap bijaksana? Hahahaaa…apes lagi saya…..

Saya gak bisa larang orang berpendapat tentang kumis dan janggut saya, toh itu hak pribadi. Tapi makasih loh sudah mau nyampein pendapat jujur. Lagian saya sadar, people always has something to say.
Saya tulis ini sebagai bentuk sejarah, siapa tahu di kemudian hari saya bisa mengenang yang terjadi saat ini. Hidup janggut dan kumis panjang! 😀

Leave a Reply

