(Memilih) Menjadi Provokator Perdamaian

Beberapa minggu sebelum perayaan Natal 25 Desember 2013, ada beberapa berita kurang baik seperti akan terjadinya serangan teroris pada malam natal. Berita lain yang cukup mencengangkan adalah munculnya berbagai spanduk yang berisi tentang larangan bagi umat muslim untuk mengucapkan Selamat Hari Natal.

1
Gambar di atas menjadi trend topic diberbagai media sosial. Sontak saja terjadi saling tuduh dan curiga diantara umat beragama. Banyak kawan saya di media sosial men-share spanduk tersebut. Saya memilih untuk tidak. Secara pribadi, saya menilai berita tersebut hanya dijadikan provokasi oleh beberapa oknum agar umat beragama di negara Pancasila ini terpecah.

Syukurlah tepat pada tanggal 25 Desember 2013, ada berbagai berita menarik terkait pengamanan perayaan Natal oleh para pemuda masjid di Ambon, Maluku.

Bahkan juga dimuat kompas.com. Saya sangat tergugah akan berita-berita tersebut. Untuk berita yang ini saya langsung melakukan share😉

pemuda-masjid-jaga-gereja
(klik pada gambar untuk mendapatkan link ke sumber gambar)

pemuda-muslim-jaga-gereja
Saya berpikir sudah saatnya kita memulai perubahan. Hentikan untuk menyebarkan berita yang hanya berujung pada pertikaian. Meminjam istilah pak pendeta Jack Manuputty, mari menjadi provokator perdamaian. Kita diajak untuk membalik persepsi banyak orang bahwa kata “provokator” bermakna pejoratif. Kita bergerak memprovokasi untuk mewujudkan gerakan perdamaian. Saya rasa, melakukan share berita-berita positif bisa dikategorikan sebagai provokator perdamaian walaupun hanya bagian kecil.

Beberapa jam lagi kita akan memulai tahun baru, 2014. Banyak orang mulai membuat angan-angan sebagai resolusi di tahun yang baru. Bagaimana kalo kita membuat resolusi yang sederhana, namun berguna. Mari sebarkan berita positif yang membangun kehidupan bersama. Jadikan diri kita provokator perdamaian. Mulai dari diri kita sendiri dan kita sebarkan ke sekeliling kita.

Selamat tahun baru 2014 kawan2🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s