CARI AMAN! (Refleksi Dirgahayu Indonesiaku!)

Sebelum menutup kelas HCI (Human Computer Interaction) sore itu, saya memberi tugas kepada mahasiswa/i.

“Kawan2, silahkan kritisi webblog saya. Berdasarkan apa yang telah kita pelajari bersama, kategorikanlah webblog saya termasuk baik atau buruk, dan jangan lupa berikan kritik – saran kalian. Dikumpulkan minggu depan!”

Hari itu saya pulang dengan perasaan bahagia karena saya tahu mereka akan ‘membantai‘ webblog saya. Saya sudah membayangkan akan sangat rame tulisan mereka karena yang dikritisi adalah webblog saya yang hancur ini.🙂

Seminggu berlalu dan kami kembali bertemu di kelas.

Betapa kagetnya saya karena ternyata hampir 97% mengatakan webblog saya termasuk kategori ‘BAIK’. Whaattt? Tidak adakah orang jujur lagi di kelas ini?😯

Hhhmmm…

Saya benar2 heran. Dari apa yang kita pelajari bersama, seharusnya mereka tahu bahwa webblog saya tidak bisa dikategorikan BAIK! Lalu mengapa mereka menipu diri sendiri?

CARI AMAN!😎

Dugaan saya terbukti karena dari hasil diskusi kami di kelas sebenarnya banyak yang ingin mengatakan webblog saya termasuk kategori buruk, namun lagi-lagi; KETAKUTAN akan NILAI membuat mereka CARI AMAN!

Apakah dengan kejujuran mereka saya akan memberi nilai buruk? Begitu naif dan kolotkah saya?

Sebenarnya kalau mau jujur, hampir semua kita memang cari aman. Kita tahu mana yang benar dan mana yang tidak. Namun hati dan mulut kita terkunci. Entah karena takut dapat nilai buruk, takut dipecat, takut diintimidasi, dsb.

Crita ini hanya sepenggal kisah yang menurut saya termasuk salah satu penyebab merosotnya moral bangsa kita. Jangan pernah bermimpi korupsi akan hilang dari negeri ini bila kaum muda saja mudah menyerah dan lebih suka CARI AMAN!

Smoga ini jadi bahan refleksi kita menyambut dirgahayu RI!

Jika YA katakan YA! Jika TIDAK katakan TIDAK!

Slamat ultah bangsaku,

sumber gambar

Indonesia sampai mati!!!!!

2 thoughts on “CARI AMAN! (Refleksi Dirgahayu Indonesiaku!)

Leave a Reply

