Setting Security (ADempiere)

Seperti janji saya pada postingan sebelumnya, saat ini saya akan bagikan bagaimana caranya membuat aturan agar tidak semua orang berhak mengakses semua data.

Yang harus dilakukan pertama kali adalah membuat ROLE. Role ini berisi ketentuan-ketentuan apa saja yang bisa di akses. Letaknya ada di System Admin >> General Rules >> Security >> Role

Kita buat sebuah role baru dengan nama Kepala Gudang, hal ini dimaksudkan agar kita bisa membatasi apa saja yang bisa dilakukan oleh kepala gudang. Kita aktifkan manual dengan cara dicentang, kemudian di bagian Allow Info In Role silahkan centang mana saja yang kita ijinkan untuk bisa diakses oleh Kepala Gudang. Untuk kasus ini, saya hanya ijinkan kepala gudang untuk mengetahui produk dan order. Lihat gambar berikut!

Setelah itu kita SAVE kemudian pindah ke tab Org Access. Pada bagian ini kita aktifkan organisasi apa yang bisa diakses, seharusnya organisasi yang dipilih adalah gudang. Mohon maaf karena gambar yang saya capture adalah organisasi berupa *. Lihat gambar di bawah!

Sesudah itu, kita pinda ke tab WINDOW ACCESS agar dapat mengatur window apa saja yang dapat diakses oleh Kepala Gudang tsb. Untuk contoh kasus ini saya ijinkan Kepala Gudang mengakses window PRODUCT.

Setelah selesai, pindah ke tab PROCESS ACCESS. Di bagian ini, kita dapat mengatur proses apa saja yang bisa di akses oleh Kepala Gudang. Perhatikan gambar berikut!

Kemudian pindah ke tab FORM ACCESS. Di bagian ini, kita tentukan form apa saja yang muncul untuk Kepala Gudang.

Setelah setting terhadap ROLE Kepala Gudang selesai, simpan dan tutup form  ROLE tsb.

Langkah selanjutnya adalah membuat USER yang akan kita berikan ROLE sebagai Kepala Gudang. Caranya masuk ke System Admin >> General Rules >> Security >> User

Kemudian pilih USER untuk membuat USER baru. Untuk user baru, saya inputkan Bpk. Gustaf sebagai Kepala Gudang. Kemudian saya berikan password dan greeting kepada bpk Gustaf. Lihat gambar di bawah!

Sesudah itu, masuk ke tab USER ROLES untuk mengaktifkan pak Gustaf dengan Role Kepala Gudang. Lihat gambar berikut!

Selesai membuat USER, silahkan di SAVE kemudian LOGOUT.

Setelah berada di luar, silahkan kembali LOGIN ke dalam ADempiere dengan USER yang baru di buat yaitu GUSTAF. Lihat gambar berikut!

Apabila berhasil masuk, akan terlihat bahwa GUSTAF diberikan ROLE sebagai Kepala Gudang seperti terlampir pada gambar di bawah!

Apabila dilanjutkan masuk, akan tampak form-form apa saja yang bisa di akses oleh Bpk GUSTAF yang merupakan Kepala Gudang seperti terlihat di gambar. Dikarenakan ROLE sebagai KEPALA GUDANG hanya bisa mengakses PRODUCT maka form yang muncul hanyalah bagian PRODUCT.

Bagaimana, mudah bukan?

Untuk setting SECURITY yang pertama harus dilakukan adalah setting terhadap ROLE. Sesudah itu barulah kita bisa tentukan USER mana dengan ROLE yang mana. Berhubung waktu yang sangat mendesak sehingga hanya sedikit yang bisa saya bagikan.

Selamat belajar dan mencoba,

Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s