Setup Business Partner (BP), Product, dan Pricelist (ADempiere)

Setelah melakukan setting client dan organisasi, selanjutnya kita akan melakukan setting terhadap Mitra Bisnis, Produk, dan Harga. Ketiganya merupakan hal terpenting dalam ADempiere.

Oke, untuk yang pertama kita akan buat BP terlebih dahulu. Silahkan masuk dengan Client yg telah kita buat sebelumnya yaitu Mebel Jati. Kemudian pilih Partner Relations >> Business Partner Rules >> Business Partner

BP berisi semua vendor, customer, dan employees. Dengan kata lain, semua mitra kerja perusahaan baik penyedia maupun pelanggan harus di inputkan. Perlu diperhatikan, Greeting dpt dibuat selain Toko. Caranya klik kanan kemudian pilih ZOOM, setelah itu inputkan Greeting sesuai yang dibutuhkan (Tuan, CV, UD, dsb). Sesudah diganti silahkan Close Greeting Form dan kembali ke BP Form. Di bagian Greeting silahkan klik kanan kemudian klik REQUERY, setelah itu pasti muncul Greeting yang baru anda buat. Begitu juga dengan BP Group, dapat dibuat sesuai keinginan hati dan cara kerjanya sama dengan Greeting tapi yang berbeda akan tampil BP Group Form, bukan Greeting Form.

(Silahkan lihat gambar di bawah)

Apabila BP yang kita inputkan merupakan VENDOR untuk perusahaan kita, kita harus mengaktifkannya dengan cara masuk ke tab VENDOR. (Lihat gambar!)

Jangan lupa untuk menginputkan lokasi (alamat) dari BP karena hal ini akan berguna ketika kita masuk ke dalam modul-modul ERP🙂

Oke, setelah berhasil input BP yang merupakan VENDOR kita juga harus menginputkan semua BP yang merupakan pelanggan kita atau CUSTOMER. Caranya sama seperti BP Vendor hanya saja CUSTOMER diaktifkan lewat tab CUSTOMER. (Lihat gambar-gambar berikut!)

Jangan lupa untuk menginputkan semua BP lengkap dengan keterangan apakah sebagai VENDOR, CUSTOMER, maupun EMPLOYEES, beserta dengan alamat lengkap (LOCATION). Gambar berikut menunjukkan contoh Business Partner yang telah diinputkan.

Selanjutnya kita akan buat PRODUCT (produk) dan PRICE (harga).

Produk berisi semua bahan baku pendukung pembuatan furniture seperti kayu, bambu, kulit, paku, lem, amplas, cat, dll juga berisi bahan jadi atau hasil produksi yang siap dijual seperti Meja Belajar, Meja Makan, dan furniture-furniture lainnya. Sedangkan harga berisi daftar harga dari semua produk.

Pilih Material Management >> Material Managemen Rules >> Product

Selanjutnya kita akan menginputkan produk-produk yang dibutuhkan. Gambar di bawah menunjukan produk untuk paku (bhn pendukung). Silahkan isi Product Category sesuai dengan yang diinginkan (1). Begitu juga dengan UOM (satuan), apabila di dalam pilihan UOM tidak ada yang sesuai kebutuhan kita; misalnya kubik (2). Apabila belum ada, kita dapat membuat Product Category baru, caranya sama spt membuat Greeting dan BP Category.

Selanjutnya apabila yang kita inputkan merupakan produk yang hendak kita beli maka kita harus centang PURCHASED! (3)

Setelah itu, silahkan pilih tab PURCHASING. Di sini, kita dapat menentukan produk berupa paku akan kita beli dari BP siapa(1). Kita juga dapat menentukan harga produk tersebut, dan pastinya harga harus disesuaikan dengan BP kita yang menjual produk tsb(2). Dan yang terakhir, jangan lupa untuk mengganti UOMnya. Sesuaikan apabila kita membeli paku dalam bentuk Kg maka kita harus mengganti UOM dengan Kg(3).

Hal ini berarti kita akan membeli paku dari toko Andi dengan harga Rp. 3200 per Kg. Lihat gambar berikut.

Setelah itu kita dapat membuat langsung harga untuk setiap produk. Silahkan klik tab PRICE.

Yang perlu diingat, kita harus mempunyai PRICELIST VERSION sebelum membuat PRICE. Pricelist version seperti penentuan harga berdasarkan bulan atau tahun.

Didalam PRICE, ada 3 buah PRICE yaitu PRICELIST atau harga yang tertera, STANDARD PRICE atau harga standar, dan LIMIT PRICE atau harga batasan/produksi. Artinya apabila terjadi tawar-menawar tidak boleh kurang dari LIMIT PRICE, kalau tidak akan terjadi kerugian karena LIMIT PRICE merupakan harga produksi.

Sesudah menyelesaikan semua produk yang kita beli dari VENDOR, selanjutnya inputkan produk yang akan kita jual ke CUSTOMER. Caranya sama, yang membedakan hanyalah settingan harus diarahkan untuk SOLD (lihat gambar).

Berikut daftar contoh-contoh PRODUK untuk Perusahaan Furniture “Mebel Jati”.

Apabila setting untuk PRODUCT dan PRICE telah berakhir, berarti kita bisa masuk ke tahap selanjutnya yaitu tahap pemanfaatan MODUL ERP. Berhubung saya akan ke gereja, jadi nanti saya lanjutkan malam hari saja ya tentang tutorial MODUL PEMBELIAN dan MODUL PENJUALAN setelah pulang dari beribadah🙂

Selamat belajar,

Semoga bermanfaat!

12 thoughts on “Setup Business Partner (BP), Product, dan Pricelist (ADempiere)

  1. Mas mau tanya. Kita mau nambah stok barang yang akan di jual, available masih no, padahal di product volume sudah di isi , kok tetep kosong…gimana y mas..please help me……Salam anak2 PKT.

  2. Product Volume itu tidak sama dengan Banyaknya Product 🙂
    Kalau untuk menginput produk yang siap di gudang sejujurnya saya masih belum tahu dan sedang mencari tahu..
    Mohon maaf ya.. Nanti kalau ketemu saya akan beritahu. Coba di utak-atik dulu di folder Material Management 🙂

  3. Mas saya mau Nanya… saya udh sampe pada tahap ini dgn bantuan UM dr Mas… sebelumnya Saya Ucapkan trimaksih banyak… Mas gini saya lg set-up product2, n BP di Adempiere kemudian saya log Out lalu saya ga bisa masuk lg dengan client admin sesuai client saya (yg telah saya buat tersebut) tapi koq katanya Id & Password Salah y mas padahal id n pw yg telah saya input itu sudah benar… tp pas masuk ke clientuser nya bisa.. Tolong Masukanya n mohon Bantuannya Mas… Terimakasih Banyak…
    Tuhan Yesus Memberkati

  4. Waduh maaf sekali mbak, saya lupa membalas😦
    Masuk aja kembali dengan superuser (System), baru nanti diganti passwordnya…
    Biasanya krn human error spt kesalahan typing🙂

  5. syalom……
    didalam purchasing itu list price itu sebagai apa yaa?
    apakah harga yang kita jual ato harga yang resmi yang kita beli dari vendor?

    1. mas bro, list price itu adalah harga tertera (biasanya kita yang tentukan)… kalo PO price itu biasanya harga yang kita beli dari vendor. Misalkan kita beli spatu dari vendor seharga 500rb trus kita jual lagi dengan harga 550rb, nah itu adalah list price-nya😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s