Modul Pembelian (ADempiere)

Sebelumnya sudah dibahas Setting Business Partner, Product, dan Price. Saat ini kita akan mencoba membuat sebuah modul untuk pembelian.

Caranya, masuk ke Requisition In Voice >> Purchase Order

Pertama yang harus dilakukan pada form ini adalah mengganti isi pada Target Document Type menjadi Purchase Order. Kemudian pilihlah Business Partner sesuai kebutuhan; untuk contoh ini saya memilih Toko Agung (berupa CV) sebagai Vendor penyedia cat. Setelah itu pada bagian Priority, apabila kebutuhan akan produk tsb sangat mendesak maka ganti dengan HIGH dan apabila tidak terlalu mendesak bisa diganti dengan MEDIUM atau LOW. Kemudian pilih cara pembayaran apakah tunai (CASH) ataukah menyicil (ON CREDIT); untuk kasus ini saya memilih cash. (Lihat gambar di bawah!)

Selesai dengan rincian Purchase Order, kita pindah ke tab PO Line. Pilih Product apa yang akan di beli dari Toko Agung, saya memilih cat. Kemudian di bagian Quantity isikan berapa banyak cat yang ingin kita beli, saya inputkan 10Kg. Secara otomatis ADempiere akan menginputkan harga cat per Kg sekaligus dengan Total harga yang harus kita bayar apabila membeli sebanyak 10Kg. Apabila telah selesai, silahkan di SAVE.

Kemudian kembali ke tab Purchase Order dan tekan tombol Complete di bagian kanan bawah. Sesudah itu klik tombol Print Preview di bagian sebelah kanan atas maka akan muncul kuitansi pembelian seperti gambar berikut.

Nah setelah melakukan pembelian cat, silahkan tutup form Purchase Order kemudian tekan View >> Product Info atau dengan shortcut Alt + I. Lihat gambar berikut.

Ini untuk melihat apakah barang yang kita beli sudah masuk ke dalam gudang atau belum. Apabila belum, maka kita perlu membuatkan Material Receipt. Letaknya tepat di bawah Purchase Order.

Di dalam form Material Receipt, silahkan ganti Document Type menjadi MM Receipt kemudian pilih Business Partner tempat kita membeli cat.

Sesudah itu klik tombol Create Lines From, akan muncul gambar seperti di bawah. Di bagian Purchase Order arahkan ke bukti pembelian dimana kita tadi telah membeli cat, kemudian select dan di centang.

Sesudah itu akan kembali ke form Material Receipt, tekan tombol COMPLETE (kanan bawah). Selesai melakukan Material Receipt, silahkan masuk kembali ke PRODUCT INFO (Alt + I). Akan terlihat bahwa di gudang telah bertambah sebanyak 10Kg cat. Lihat gambar Product Info berikut :

Untuk modul penjualan berada di Quote to Invoice >> Sales Orders >> Sales Order. Langkah-langkah pengerjaannya hampir sama dengan modul pembelian, mohon teman2 mencoba sendiri…

Oke, cukup dulu sampai di modul pembelian. Besok, apabila ada kesempatan saya akan melanjutkan dengan setting security di ADempiere.

Selamat mencoba,

Semoga bermanfaat!


One thought on “Modul Pembelian (ADempiere)

  1. Mas.. terimaksih Buat UM nya sangat membantu saya… Mas kalo Boleh bagi User manual Manufacturing managementnya donk mas (Libero) adempiere…
    salam kenal dan Tuhan memberkati
    terimakasih banyak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s