Setup Client dan Organisasi (ADempiere)

Berhasilkah menginstall ADempiere? Kalau berhasil, sekarang saatnya kita membuat Client dan Organisasi untuk sebuah perusahaan/usaha dagang. Dalam ADempiere, Client merupakan otoritas tertinggi dan organisasi merupakan bagian dari Client. Bila kita terjemahkan secara awam, Client adalah Perusahaan sedangkan Organisasi adalah divisi-divisi dalam perusahaan tersebut.

Untuk memudahkan, kita ambil contoh penerapan ERP dengan tools ADempiere pada Usaha Dagang yang bergerak dibidang furniture; Mebel Jati. Anggaplah mebel jati ini mempunyai 3 organisasi yaitu Kantor sebagai tempat administrasi, Gudang sebagai tempat penyimpanan produk-produk yang sudah jadi dan siap dipasarkan, serta Pabrik sebagai tempat untuk merakit dan membuat produk-produk furniture.

Langkah2nya sebagai berikut:

1. Masuklah ke ADempiere menggunakan UserID : System dan password : System.

2. Pastikan role = System Administrator dan client = System

3. Apabila berhasil, tampilannya akan seperti berikut:


4. Untuk membuat client baru, masuklah ke Menu > System Admin > Client Rules > Inittial Client Setup

5. Akan muncul tampilan seperti berikut:

Pastikan di isi dengan benar!

Client = MebelJati

Organisasi = Kantor (Nanti kita akan tambahkan organisasi yang lain kemudian)

User Client = MebelJatiAdmin

User Organization = MebelJatiUser

Currency = Rupiah (Mata uang yang kita gunakan)

Country = Indonesia

City = Salatiga

Region = Bebas

Untuk optional centang semua kecuali Sales Region, karena kita tidak menggunakannya.

Kemudian load file csv dari tempat dimana kita menyimpannya. Kalau belum punya file tersebut dapat mengunduh disini.

6. Selanjutnya tekan tanda centang yang berwarna hijau tersebut. Tunggu beberapa menit hingga ada pemberitahuan bahwa proses membuat client baru telah berhasil. Setelah itu logout.

7. Silahkan masuk kembali dengan menggunakan UserID : MebelJatiAdmin dan Password : MebelJatiAdmin

8. Apabila berhasil masuk, tampilannya akan seperti gambar di bawah ini.

9. Selanjutnya kita akan membuat organisasi-organisasi/divisi-divisi yang ada di dalam mebel Jati tersebut. Caranya, Menu > System Admin > Organization Rules > Organization

10. Akan muncul tampilan sebagai berikut.

Klik terlebih dahulu di organisasi yang sudah ada sebelumnya yaitu Kantor. Kemudian buat organisasi baru caranya klik pada New Record (lihat pada gambar). Selanjutnya isi data organisasi, Search Key, Name, dan Description. Sesudah diisi dengan benar, tekan Save. Semua organisasi yang kita buat akan muncul di bawah organisasi Kantor. Apabila berhasil, silahkan logout kembali.

11. Sesudah itu masuk kembali dengan UserID : MebelJatiAdmin dan password : MebelJatiAdmin. Di bagian Organization seharusnya sudah muncul semua organisasi yang kita buat tadi.

Oke kawan, cukup dulu ya…

Selamat mencoba, semoga bermanfaat!

9 thoughts on “Setup Client dan Organisasi (ADempiere)

  1. terimakasih utk postingannya…saya mau nanya stelah tahap ini berhasil saya perlu ke tahap mana lg ya, maap saya blm mengenal adempiere. ada lg tdk user2manual nya yg lain ttg adempiere kalau bisa dlm bhs indo ^_^ mksh byk

    slm
    erina

  2. Hola mbak erina, salam kenal!

    Silahkan mampir ke link: https://evangsmailoa.wordpress.com/category/erp/
    Di situ saya sempat tuliskan apa saja yg bisa kita lakukan dengan ADempiere. Mohon maaf karena keterbatasan waktu saya tidak bisa menulis semuanya.

    Kalo user manual yang bhs indonesia saya hanya punya satu mbak erina, tapi dalam bentuk buku… 🙂

    Kalo dalam bhs inggris banyak di google…

    Semoga membantu…
    Salam hangat…

  3. kak,,pada saat setup client n organisasi,,kok gda file csv nya…
    bleh mnta unduhan file csv nya ga??tlong ya kak…
    perlu bgt bwt tgs..kuliah RPL saya…trims bgt sblmnya…

  4. salam kenal juga kak..
    oiya kak..setelah setup organisasi..trus diapain lagi ya kak..?
    bleh mnta cara selanjutnya gak kak..?penting kak..
    bwt tgs saya..deadline bgt siih..:D

  5. selamat siang, saya mau tanya untuk username dan password default adempiere 370LTS apa ya, saya tidak bisa login dengan default user GardenAdmin? mohon bantuannya. terimakasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s