Publikasi Nilai di FB (Opini pribadi)

Judul di atas ‘ngikut’ tulisan Satria di FB beberapa waktu lalu. Kalo teman2 ingin baca bisa mampir ke sini.

Tulisan ini bermaksud untuk menyampaikan opini pribadi tentang tulisan Sat. Sayangnya karena tulisan ini sedikit kepanjangan makanya saya taruh di sini saja.🙂

Tulisan Sat tentang salah seorang teman dosen yang menampilkan nilai mahasiswa lewat FB. Isu yang beredar (kayak GOSIP di INSERT SIANG aja), beberapa pihak memandang hal tersebut SALAH! Tapi ada juga kok yg PRO, salah satunya Satria tentunya🙂

Nah,… Saya sejauh ini memandang hal tersebut TIDAK MASALAH, walaupun saya juga tidak PRO 100%. Sejujurnya saya merasa kurang sreg juga sih kalo nilai mahasiswa di taruh di FB. Saya melihat tidak semua mahasiswa merupakan orang yang suka tantangan. Banyak juga yang tipe ‘pemalu‘.

Saya jadi ingat ketika masih sering main sepakbola dulu. Pelatih saya suka marah2 kalo saya atau teman melakukan kesalahan atau tidak mengikuti instruksinya. Saya senang kalau beliau marah (bukan berarti saya nakal loh), tapi saya suka dengan cara beliau membangkitkan semangat. Apabila di bentak, saya merasa banyak hal yang harus saya ubah. Saya harus lebih banyak berlatih agar tidak kena marah lagi. Tapi sayangnya hal itu berbeda dengan beberapa teman. Ada yang ketika kena ‘puisi’ dari si pelatih langsung gugup dan lesu. Teman saya bilang kalau dia di bentak pasti jadi bingung dan malah gak bisa mikir.

Gak nyambung kan cerita saya di atas teman? Hehheeee…😀

Maksud saya, tidak semua orang sama!

Ada pribadi yang siap menerima tekanan dan menganggap tekanan tersebut sebagai pelecut untuk berusaha lebih giat lagi, tapi ada juga yang tidak siap apabila menerima tekanan.

Mari kembali ke topik nilai tadi. Sejauh ini saya berpikir, tidak semua mahasiswa bisa menerima nilainya di lihat teman2 yang lain. Dilihat teman sekelas aja mungkin si mahasiswa sudah malu, apalagi dilihat sedunia (kan FB mendunia teman)🙂. Kata teman saya, “Biar ajalah biar mereka kapok! dan rajin belajar!”. Permasalahannya apakah dengan melihat nilai tersebut terpampang indah di FB dapat menjamin mahasiswa tersebut terlecut semangatnya? Atau jangan2 malah dia mengalami kemunduran psikis secara tidak langsung?

Saya sih punya usul sedikit. Bagaimana kalau nilainya biarkan saja tetap di SIASAT? Kemudian apabila si anak ingin segera tahu nilainya, dapat menghubungi dosen by phone atau lewat email. Bukankah tidak ada yang dapat mengetahui nilainya selain si mahasiswa tersebut? Tapi kalo mau jujur ini agak sedikit memberatkan si dosen. Jadi tambah kerjaan🙂

Lebih enak lagi kalo buat kesepakatan dengan mahasiswa di minggu awal perkuliahan🙂

Ah, ini cuma pendapat pribadi loh…

Kalo ada salah2 kata, mohon dimaafkan. Mumpung sekarang masih bulan untuk saling memaafkan🙂

Smoga bermanfaat!

Gusti mberkahi…

2 thoughts on “Publikasi Nilai di FB (Opini pribadi)

Leave a Reply

