…ADempiere, asyik juga…

Waduh, baru 2 hari gak ngeblog rasanya seperti setahun  (lebay…  :D)

Setelah bersemedi dua hari, akhirnya saya tahu apa yang akan ku tulis di blog tercinta ini.

Hari ini saya ingin berbagi tentang ADempiere. Pernah mendengarnya?

ADempiere merupakan salah satu software ERP (Enterprise Resource Planning) yang lumayan disukai akhir2 ini. ADempiere merupakan saudara dari Compiere. Nah dulunya Compiere bersifat free, namun kemudian berbayar sehingga munculah ADempiere ini. Banyak keuntungan yang bisa di dapat perusahaan apabila mengimplementasikan ADempiere, terutama perusahaan menengah ke atas. Contohnya:

  1. Implementasi cepat (Gak juga sih, tergantung kalo masih awam masih suka bingung),
  2. Terintegrasi (ERP, CRM, dan Akunting dipicu dari transaksi yg sama),
  3. Aman dari kegagalan (Intinya kita nanti buat sistem yg bisa saja ada kesalahan tapi masih dalam tahap aman :))
  4. Rich dan Reach (Sistemnya bisa Client/Server sehingga mudah dijangkau, misalnya lewat web)
  5. Global Market (Memungkinkan kita melakukan kerja dengan bahasa berbeda, mata uang, dan metode akuntansi tergantung negara mana yang kita jadikan acuan)
  6. Smart User Interface (Katanya tampilannya menarik, tapi menurut saya untuk orang awam tetep aja masih suka bingung  :()
  7. Trus bisa support Postgre dan Oracle (Kalo saya suka Postgre, soalnya gratis  :))

Di Indonesia sudah ada kok portalnya, silahkan mampir ke portal ADempiere Indonesia.

Nah ternyata untuk belajar ADempiere ini ada trainingnya loh tapi mahalnya minta ammmppyyyuun (terutama untuk kalangan  mhsw seperti saya  :))…. Untung saya di ajarin teman saya sedikit habis itu saya kembangkan sendiri. Thx ya Pak Rudy. Kalo gak salah sekarang 2,5 juta. Padahal dulu waktu teman saya ikut masih 5 juta. (Wew, mahal banget kan?)

Sekian dulu beritanya ya… Nanti kapan2 saya lanjutkan dengan bagaimana cara instalasi trus implementasinya.. Tenang aja sudah pasti saya bagi secara GRATIS 🙂

Semoga bermanfaat!

8 thoughts on “…ADempiere, asyik juga…

  1. btw kadang adempiere sering error kg k evangs….hehehe
    tpi enakx adempiere punya fiture tersendiri dibandingkan dengan compiere….
    senang belajar adempiere….!!

  2. Salam kenal mas Evangs…, saya baru saja belajar adempiere,… sepertinya sangat menjanjikan, tapi mang betul… untuk tampilan belum user friendly, suka binun, tank atas sharenya

  3. Selamat Siang Pak Evangs Mailoa, S.Kom(Ebo),
    Saya mau tanya tentang adempiere ini,apakah adempiere ini bisa menghandling multicompany?soalnya untuk tampilan pengaturannya Saya masih bingung.Terima kasih buat tanggapannya.Salam.

    1. Mas bero aldino, asem tenan ente ye…😛
      Yang ente maksud handling multicompany tuh spt apa?
      Aplikasi ini sama spt ERP di perusahaan-perusahaan yang sekarang ada, cuman kalo ini GRATISAN😉

      Salam,
      Evangs S.Kom, S.Teh, S.Jeruk, M.Cs, M.Kom, MCK😀

      1. Handling multi company itu misalkan Saya punya satu perusahaan dengan model group,kemudian Saya implementasikan di perusahaan Saya tersebut,nah apakah adempiere ini dapat menghandle model company seperti itu?
        O iya tambah lagi,kan pas login ada Client sama Organization kira2 kaka boleh jelaskan kah?
        kah sa kursus sudah di kowe tentang adempiere ini,mulai dari functionalnya sampe developingnya😀 heheehehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s